logo

Organdy Rose Brooch

24,003 views

logo

Organdy Rose-01low copy

 

Halooo … Manteman. :D

Saya kesulitan nge-upload foto nih, udah beberapa hari ini. Jadi baru sekarang deh tutorialnya baru selesai ditulis.

Tutorial ini, dulunya ada di blog personal saya. Di sana juga masih banyak diliat dan dibaca pengunjung blog. Tapi kebanyakan pembaca blog ini gak tau blog personal saya, jadinya tutorial ini saya bikin ulang biar beda dan lebih mudah diikuti.

Bahan utama yang dipakai adalah pita organdi. Yang kayak gini:

Organdy Rose-05low copy

Ukuran pitanya bebas. Ada yang jual pita organdi ini macem-macem ukurannya. Saya pake yang standar aja, sekitar 1 inchi. Dan ada juga loh, pita organdi ini yang polos dan yang motif. Disesuaikan dengan selera Manteman aja. :cutesmile:

Kita mulai dari bahan dan alat ya.

 

Organdy Rose-06low copy

BAHAN DAN ALAT:

1. Pita organdi

2. Benang dan jarum jahit

3. Kain flanel (untuk menutupi bagian belakang bros)

4. Penggaris

5. Gunting

6. Lem tembak

 

Untuk panjang pita organdinya sendiri, bisa disesuaikan. Makin panjang, makin tebal gulungan mawarnya nanti. Untuk tutorial ini, saya menggunakan pita dengan panjang 30 cm.

 

Organdy Rose-07low copy

 

CARA MEMBUAT:

Langkah 1:

 

Organdy Rose-08low copy

Jahit jelujur salah satu sisi pita. Pastikan jahitannya sama panjang dan rapi.

 

Organdy Rose-09low copy

Setelah itu, tarik benang hingga membuat kerutan. Jangan terlalu berkerut juga. Nanti mawarnya jadi terlalu mekar. Setelah itu matikan jahitan.

Organdy Rose-10low copy

Kira-kira kerutannya seperti gambar di atas lah, ya. :D

 

Organdy Rose-11low copy

Lalu mulailah menggulung dan pastikan bagian bawahnya padat dan rapi.

 

Organdy Rose-12low copy

Karena kerutannya itu tadi, bunga mawar ini akan kelihatan sedikit mekar di bagian atasnya dan rapat di bagian bawah.

Langkah 2:

 

Organdy Rose-13low copy

Balik mawarnya. Kita akan menjahit bagian belakangnya agar mawarnya gak lepas.

 

Organdy Rose-14low copy

Siapkan jarum dan benang, lalu tusuk menembus bagian bawah mawarnya seperti gambar di atas.

 

Organdy Rose-15low copy

Ulangi dengan menusuk dengan arah lain; dari bawah ke atas. Ulangi beberapa kali.

 

Organdy Rose-16low copy

Dan … satu kuncup mawar sudah jadi! :cutesmile:

 

Organdy Rose-17low copy

Jadinya gak gede sih. Kalo ditaroh di telapak tangan saya, kira-kira besarnya segitu itu.

Untuk satu buah bros, diperlukan 7 buah kuncup mawar.

 

Organdy Rose-18low copy

Langkah 3:

Potong kain flanel berbentuk lingkaran. Ukurannya bebas sih. Saya nyetak lingkaran ini pake gelas, jadi kira-kira diameternya 7 cm.

 

Organdy Rose-19low copy

Baluri bagian belakang kuncup mawar dengan lem tembak …

 

Organdy Rose-20low copy

… dan tempelkan di tengah-tengah kain flanel tadi.

 

Organdy Rose-21low copy

Sisanya, 6 kuncup yang lain, tempelkan mengelilingi kuncup yang di tengah.

 

Organdy Rose-22low copy

Dan … jadi deh!

 

Organdy Rose-23low copy

Kalo dilihat bagian belakangnya kayak gini:

 

Organdy Rose-24low copy

Kalo mawarnya terlalu mengembang, kasih lem tembak sedikit aja di antara kuncup-kuncupnya. Hati-hati jangan sampe meleber ya. Trus rekatkan.

 

Organdy Rose-25low copy

Cantik dan mudah kan, Manteman?

Selamat mencoba…. :cutesmile:

 

Organdy Rose-02low copy

 

 

One Response to “Organdy Rose Brooch”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:twisted: :tuing: :tada: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :blush: :T.T: :D :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

logo
logo
Powered by WordPress | Developed by Tuan Sinung
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: