logo

Walnut Rose Tutorial

68,514 views

logo

IMG_4998cover

Halooo … Manteman. :cutesmile:

Perlu waktu lama sampai akhirnya saya bisa bikin tutorial ini karena saya pun sebenernya belum ahli banget bikin mawar jenis ini. Beberapa kali saya mengulang membuat dengan menggunakan bahan dan sedikit cara yang beda dan hasilnya pun emang jauh berbeda. Jadinya saya pilih untuk menggunakan kain katun jepang saja yang hasilnya lebih padat dan rapi. :cutesmile:

Biasanya, Walnut Rose ini dibuat dengan bahan baku pita. Manteman bisa mencobanya. Tapi saya sendiri lebih suka bahan lain selain pita karena kalau menggunakan pita satin, karena lebih licin dan kecil, membuatnya menjadi lebih susah.

Ini bahannya:

IMG_4939editsmall

ALAT DAN BAHAN:

1. Kain katun jepang

2. Felt/flanel hijau untuk daun

3. Felt/flanel pink untuk penutup bagian belakang

4. Jarum dan benang jahit

5. Glue gun

6. Gunting

 

CARA MEMBUAT:

Langkah 1:

IMG_4941edit

Saya menggunakan kain dengan lebar sekitar 16 cm dan panjang 70-80cm. Panjangnya ini disesuaikan dengan besar kuncup mawar yang diinginkan. Kalau Manteman mau mawarnya lebih kecil, kurangi lebar kainnya.

IMG_4946edit

Lipat dua kainnya, lalu lipat segitiga ujungnya. Ini akan jadi bagian dalam mawar, jadi lipat yang rapi ya.

IMG_4949edit

Buat segitiga kecil di ujung lipatan segitiga besar, seperti gambar di atas.

IMG_4951edit

Lalu gulung kain sepanjang lipatan segitiga itu.

IMG_4953edit

Ambil jarum, lalu tusuk bagian tengah gulungannya.

IMG_4955edit

Ikat mati ke samping.

IMG_4959edit

Kalau sudah, hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas.

Langkah 2:

IMG_4957edit

Ambil sisi kain yang panjang, lipat ke arah kiri. Di tanda garis kuning yang saya kasih di gambar di atas, itu akan jadi acuan untuk melipat kainnya sebelum dijahit. Lipat ke arah luar kainnya di garis kuning itu.

IMG_4960edit

Kalau dari samping, bakalan kelihatan kayak gambar di atas. Di bagian atas kainnya itu ada bagian yang kita gulung dan jahit di awal tadi. Keliatan gak ya?

IMG_4963edit

… lalu jahit.

IMG_4965edit

Jadinya akan seperti gambar di atas.

Cara ini memang akan sulit kalau Manteman tidak langsung mencobanya. Karena itu, sebaiknya langsung dicoba ya. Baru deh nanti jelas mana bagian yang harus dilipat dan dijahit karena sebagian besar pembuatan mawar ini hanya berkisar di urusan lipat dan jahit ini. :cutesmile:IMG_4967edit

Lipat lagi kainnya membentuk segitiga, lalu lipat ke arah belakang di bagian garis kuning, dan …

IMG_4971edit

… jahit.

IMG_4973edit

Lanjutkan prosesnya sampai kain bisa digulung.

IMG_4975edit

Panjang kainnya sebelum digulung sekitar 50 cm, seperti gambar di atas. Kain ini sengaja saja buat sedikit berkerut karena dengan begitu akan lebih mudah digulung nantinya. Manteman juga bisa membuat kerutan ini tapi jangan terlalu berkerut ya. Karena semakin berkerut kainnya, semakin gak rapi nanti gulungannya. :cutesmile:

Langkag 3:

IMG_4977edit

Lalu mulailah menggulung dari bagian dalam yang sudah kita buat di awal tadi.

IMG_4978edit

Gulung sambil dipadatkan. Butuh latihan untuk membuat gulungannya rapi dan padat. Teruslah berlatih ya, Manteman.

IMG_4985edit

Setelah selesai, jahit ujung kain.

IMG_4987edit

Dan Walnut Rose-nya pun jadi. Taaaa … raaaaa!

Langkah 4:

IMG_4990edit

Untuk hiasannya, ibni optional aja, saya menggunakan dua buah kain flanel berbentuk daun.

IMG_4993edit

Jangan lupa tutup juga bagian belakangnya agar tidak merudul.

IMG_4997edit

Jadi deh mawarnya. :cutesmile:

IMG_5008edit

Selamat mencoba ya, Manteman. :cutesmile:

NB: Memang untuk beberapa langkah tutorial, sepertinya kurang jelas kalau hanya ditambah dengan foto saja. Saya sedang menimbang serius untuk menyertakan videonya sekalian agar lebih jelas.

23 Responses to “Walnut Rose Tutorial”

  1. lia rahmawati says:

    Iya mba, tampaknya hrs disertai video spy lbh jelas :)

    Terima kasih

  2. isyaana nana says:

    hahihuhahihu rempong jg ya ngapalnya bemana ini.. tungguin pideo na jg deh ^^

  3. nani says:

    wah….ternyata nggak sesimpel keliatannnya, mau donk, ikut yg lain mau videonya juga

  4. Aqila says:

    Haduh ky’Йÿª. Sush z?

  5. arlifah says:

    bingung yang bagian dilipat-lipat…mau nyoba ach….

  6. alfiana says:

    wah, makasih banyak ilmunya. kebetulan lg nyari tutorial mawar walnut, eh.. ketemu blog ini. msh ada org yg gak pelit ilmu ternyata.. tererengkyu mbak :)

  7. Ratih says:

    Subhanallah!!! Kakaaaaak… I love u :*
    Makasih banyak ya kak buat semua yg di share di blog ini.. Bermanfaat BANGET.
    Barokallah ya kak

  8. Arie Tania says:

    Wiiiih mbak…keren banget lho! Lagi2 saya kagum sm mbak..walaupun mb bilang masih belajar tp sdh mau berbagi dgn yg lain. Trus kayaknya niat banget..pake foto n mikirin video jg. MasyaAllah..semoga mnjadi berkah buat mb n semua yg baca. Semangat terus ya mb..jgn bosen nulis di blog n berbagi ya..

  9. Octha Viana says:

    wah, bagus bgt. Kebetulan saya lagi cari tutorial mawar. Dan ketemu ini, pake kain pula. Lumayan buat recycle perca dirumah.. :-P

  10. Ludiya says:

    alhamdulillaah terimakasih mbaa, begitu saya buka website melihat tutorialnya di blog mba, saya langsung praktek dan hasilnya langsung jadi,, makasii yaaa ilmunya :cutesmile: :cutesmile:

  11. ariyany says:

    wah, indahnya…. :D kebetulan aq jg lg nyari caranya bikin kuncup mawar. makasi udah berbagi ilmu. izin copas ya mb, nanti langsung tak praktekkin.

  12. kiki caesar says:

    Bagus banget…:) kalo yg di tutorial ini hasilnya jadi diameter brapa ya mbak?

  13. Hana says:

    Kereeeen banget, jadi ingin belajar jahit.

    Btw my mom waktu saya kecil adalah penjahit dari kecil jika baju kami robek kami kadang jahit sendiri.

    Mesin jahit nya sudah tua banget sekarang sudah jadi barang antik di gudang .

    Baca blog mbaa jadi ingat masa kecil dan ingin belajar jahit lagi deh

  14. Lanjng says:

    terima kasih ya. Instruksi nya jelas dan detail sekali. Paling jelas daripada semua walnut rose tutorial yg lain

  15. annjsa says:

    Akhirnyaaa…ketauan kenapa tiap ngegulungnya selalu ga rapi karena terlalu mengkerut hehehe
    Makasih tutorialnya ya mba..jd ketauan deh salahnya sy yg selalu dibingungkan selama ini hihi :D

  16. Icha Harahap says:

    tqsm mbak…..semoga berkah ilmunya :) :cutesmile:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:twisted: :tuing: :tada: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :blush: :T.T: :D :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

logo
logo
Powered by WordPress | Developed by Tuan Sinung
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: