logo

Nyeritain Mesin Jahit Janome NS-7210

118,987 views

logo

IMG_4637edit

Halooo…. :cutesmile:

Karena banyak yang nanya mesin jahit yang saya punya merek dan tipe apa, jadi saya buatlah post ini. Biar lebih jelas gitu.

Jadi, ceritanya waktu mau beli mesin jahit, saya sempet bingung antara beli mesin jahit mini-portable yang harganya hanya ratusan ribu dengan mesin jahit portable beneran. Pertimbangannya bukan hanya harga, tapi juga fungsinya. Setelah beberapa lama browsing dan nanya sama temen-temen yang udah duluan beli mesin jahit, akhirnya saya memutuskan untuk beli mesin jahit yang portable aja. Tapi yang manual dan bukan yang pake komputer soalnya mahal. Hahahaaa…. :D

Yang beli mesin jahit ini bukan saya. Tapi Tuan Sinung, suami saya. Saya nitip aja gitu. Dia mencari di sekitar Jalan Laiya. Ketemulah Toko Alam. Toko ini khusus menjual mesin jahit dan reparasi. Gak jual pernak-pernik menjahit dia.

Di sana, Tuan Sinung ketemu sama yang punya toko dan diperlihatkan beberapa jenis mesin jahit. Tapi si pemilik toko sendiri merekomendasikan merek Janome. Memang modelnya agak kuno kalo dibandingkan dengan model mesin jahit kebanyakan. Tapi dia bodi dan mesin dalemnya masih pake besi. Jadi bakalan lebih awet. Lebih berat (sekitar 7 kilo) dan lebih bandel juga. :cutesmile:

Waktu itu, sekitar akhir 2013, mesin jahit ini harganya masih 1,8 juta. Entah sekarang.

Oh, pertimbangan lain kenapa saya beli tipe ini soalnya saya merasa gak butuh terlalu banyak model jahitan. Menurut saya (dan ternyata bener) pas saya udah latihan jahit, kebanyakan saya make jahitan lurus aja gitu. Jadi saya emang gak perlu mesin jahit yang model jahitannya terlalu banyak.

Yuk, saya kasih liat mesin jahitnya. :cutesmile:

IMG_4639edit

Mesin jahit ini pake listrik dan ada pedalnya. Kalo saya gak salah butuh daya sekitar 50 watt untuk menjalankannya. Saya butuh beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan pedal ini. Lama-kelamaan saya jadi sadar kalo pedal mesin jahit ini sama kayak pedal mobil: makin diinjek makin kenceng. :D

IMG_4642edit

Ini adalah putaran untuk mengatur tegangan jahitan. Makin tinggi angkanya, makin tegang dia. Ketegangan benang jahitan ini dikira-kira sesuai dengan bahan yang kita lagi jahit. Semakin tebal bahannya, semakin longgar ketegangan benang yang dibutuhkan. Kalo terlalu tegang, malah mengkerut nanti bahannya.

IMG_4644edit

Yang gambar dengan tulisan merah itu adalah pola lubang kancing. Untuk ngeliat dan ganti-ganti model jahitan ini cukup mudah, sebenernya. Tinggal nyamain warna dan huruf yang ada aja. Huruf A-B-C dengan warna hijau itu adalah model jahitan yang ada disediakan. Untuk yang A, kalau putaran dengan gambar zigzag-nya diputar makin ke kiri, bakalan makin lebar tipe zigzag jahitannya. Kalau mau lurus aja, tombol putarannya diarahkan ke yang ada titik di tengah itu.

IMG_4649edit

Yang ini adalah tombol untuk memilih model jahitan. Sebenarnya, pemilik toko tempat saya membeli mesin jahit ini juga menambahkan empat model jahitan lagi. Tapi gak keliatan tandanya karena emang gak saya tandain. jadi gak cuma dari A sampe E aja. Titik biru di pemutar tombol jahitan itu untuk menandai model jahitan lain yang ditulis dengan huruf A-B-C berwarna biru.

IMG_4651edit

Ini adalah tombol pengatur panjang jahitan. Semakin besar angkanya, semakin panjang jarak jahitannya. Yang di bawah itu tombol reverse untuk maju-mundur dan mengunci jahitan tepi.

IMG_4652edit

Ini penampakan jarum dan sepatunya.

IMG_4655edit

Sekocinya ada di bawah. Ada beberapa mesin jahit yang sekocinya ada di atas dan letaknya miring sehingga bisa dengan mudah diisi dari atas.

IMG_4657edit

Ini adalah tempat benang dan besi itu adalah tiang untuk mengisi bobbin.

IMG_4659edit

Ada tujuh sepatu yang dipaketkan dengan mesin jahit ini. Sayangnya, gak semuanya saya ngerti bisa dipake buat apa. Hahahaaa…. Saya cuma make sepatu standar (yang pertama dari kiri dan kedua dari kanan) dan sepatu hem (keempat dan kelima dari kiri). Ada satu jenis sepatu lagi yang saya beli, namanya sepatu ruffle. Nanti saya kasih liat ya. Saya lupa motonya. :cutesmile:

IMG_4660edit

Saya juga dapet bobbin plastik lima buah.

IMG_4664edit

Karena kurang, saya tambah dengan membeli bobbin besi. Harganya murah ternyata. Rp500,- perbuah.

IMG_4667edit

Dan juga ada minyak mesin (lupa gak kefoto), pendedel, dan obeng dua buah (yang kefoto cuma satu).

Saran saya, ketika kamu ingin membeli mesin jahit, sesuaikan dengan kebutuhan. Kalo emang pengen jahit-jahit biasa aja kayak saya, gak butuh model jahitan yang banyak, mesin jahit kayak gini udah mencukupi. Jangan malu juga buat bertanya di tokonya dan membandingkan antara merek yang satu dengan yang lain. Soalnya kalau berbekal hasil browsing di internet aja, kayaknya gak cukup. :cutesmile:

Segitu dulu ya ceritanya…. Besok, insya Allah saya ceritain tentang cara menggulung benang di bobbin. :cutesmile:

82 Responses to “Nyeritain Mesin Jahit Janome NS-7210”

  1. lia rahmawati says:

    Hai Mbak Okta,

    Saya juga akhirnya beli mesin jahit karena kepengen banget belajar jahit. akhirnya saya pilih Janome SUV 1122 yg harganya lumayan aja, antara nyesel sama engga belinya. tp sy mikirnya beli mesin jahit utk selalu kepakai di masa depan, dan spy sy semangat belajar jahit mengingat harga mesin jahitnya jadi tidak disia-siakan.
    waktu beli sy diajarkan sm pegawai toko utk masang bobin, ganti sepatu, dll. cumaa… krn sy ga pernah pegang mesin jahit sama sekali, jadilah saya bngong ga tau cara mulainya. akhirnya thanks to mbah google, sy nemu tutorial cara masang bobin. :twisted:

    saya masih hrs belajar dari dasar cara menjahit yg benar, ternyata jahit lurus aja sulit :tuing:

    mudah2an mbak Okta sempat membuat tutorial/ sewing along ‘how to start sewing for the first time’

    Thank you so much for sharing Mbak Okta, keep writing 8)

    • megamagie says:

      hi mba Lia,

      saya pingin banget si suv 1122. beli di AMJ ya?
      boleh share doooong bonus2nya apa aja.
      saya niat ke TKP sabtu ini, supaya bisa bargain minta bonus :D hehehe

      terimakasih sebelumnya

      • eka says:

        hi mba okta mau nanya apa mba jadi beli janome 1122 nya? kalo sudah ditunggu blog tentang janome 1122 nya ya :) soalnya saya rencana mau beli janome type itu..
        btw salam kenal :)

  2. OctaNH says:

    Halooooo … juga. :D

    Sebenernya saya juga masih banyak yang gak ngerti dari ini mesin jahit. Terutama yang tentang lubang kancing. Soalnya empat langkah itu kayaknya susah. Ada sepatu bantunya tapi belom beli.

    Jahit apaan dulu yang gampang ya? Bikin totebag yuuuuks! 8)

  3. ana says:

    hai mb,salam kenal….sy juga lg cri mesin jahit…pengen bl janome tp di batam cm ada singer(setau sy)….pengen bl yg simple aja

  4. yana says:

    Halo mba.. saya lagi lirik2 si janome NS7210 ini.. sdh browsing penawarannya 1.8jt di toko alery mesin jahit jl utan kayu..cuma saya ini kan buta bgt ttg mesin jahit..takutnya palsu..gmn y mba ngebedain antara asli dan palsu.
    klo pakai mesin jahit ini bisa pke meja apa saja atau hrs dgn mejanya?
    Makasih ya mba infonya

    • OctaNH says:

      Saya juga gak ngerti gimana bedain palsu apa aslinya, Mbak Yana. Tapi nanti kan, ada kartu garansi dan buku petunjuk pemakaian. Kalo palsu, gak dapet garansi kali ya. Saya pake meja kerja biasa aja kalo ngejahit, Mbak. Abis itu mesin jahitnya dikerdusin lagi biar gak kena debu. :D

  5. delvi says:

    hallo mba. salam kenal yea…
    gini mba saya punya mesin jahit janome
    pas ngejait benangnya g nyangkut2 kebawahnya mba, alhasil kadang2 jahitannya rapat kadang2 juga jarang mba.. kira2 mba tau penyebabnya g?

    • Lilis Solihah says:

      Mba YAna, jalan utan kayunya dimana ya?deket dengan komplek kehakiman kah?ada no telp tokonya ga mba?tlg infonya ya mba…ke no.085775284091, pengen beli di mostwell duitnya blm ada terlalu mahal tp dijamin asli dan plus kursusnya selama 1thn…
      Salam kenal mba… :twisted:

      • OctaNH says:

        Salam kenal balik. :D

      • Rully says:

        Bagi pengalaman yaa aku barh beli mj janome 2200xt, beli gallery mesin jahit jg mbak,online tp karna aku disamarinda.puas sih meskipun cuma belanja online pelayanan nya ramah dan cepat dan bonus banyak lagi hii..hii..

    • OctaNH says:

      Saya pernah ngalamin kayak gitu. Biasanya abis itu mesinnya saya buka trus saya bersihin. Soalnya kadang suka ada debu atau sisa benang nyangkut di bagian bawah mesinnya. Abis itu saya minyakin. Biasanya setelah itu jadi lancar lagi. :D

  6. Aat says:

    barusan hari ini ksampean beli mesin jahit ini (buat istri)
    moga banyak manfaatnya

    • OctaNH says:

      Mudah-mudahan banyak manfaatnya. Waktu awal-awal, saya make mesin jahit ini untuk menjahit selimut. Kain bedong bayi yang kecil-kecil, saya satuin. Jadi bisa dipake lagi deh sama anaknya. Gak disimpen aja kainnya. Dan juga untuk nyambung-nyambungin baju jelek yang udah sobek-sobek untuk kain lap. :D

  7. lely says:

    Hallo mbak,brsn beli janome ns 7210 jg…tapi kok cuma dpt 4 sepatu aja ya ? Aku beli ditoko mesin jahit surabaya niy mbak..trs kok gak ada buku petunjuk manualnya ya,sampe aku tlp tokonya nanyain mslh buku manual ini,krna ak bnr2 blm tau apapun ttg jahit menjahit jadi aku rasa akan sangat berguna kalo ada buku manualnya.apa punya mbak okta juga gak ada buku manualnya?
    Trmkshbsebelumnya atas responnya mbak :-)

    • OctaNH says:

      Mbak Lely, saya dapet kok itu buku manual. Dia yang panjang trus warnanya putih. Emang kurang jelas sih, tapi ada bagian tentang masukin benang, bobbin, trus tentang perawatan mesin jahitnya. Tapi manualnya ini cuma dasar banget. Gak ngajarin cara dan teknik jahit dia.

      Trus yang sepatu, aku dapetnya emang segitu, Mbak. Cuma satu yang aku beli, sepatu ruffle. Itu doang. Aku juga gak ngerti apa sepatunya itu bonus apa gimana gitu. Soalnya pas sampe rumah, semua sepatu itu adanya di dalam kantong plastik di dalam kotak mesin jahitnya. Kotaknya sendiri udah dibuka karena di tokonya, mesin jahitnya dicobain dulu sebelum dibawa pulang.

      Tapi kartu garansinya ada kan, Mbak Lely?

  8. lely says:

    Waktu beli mesin jahit ini,smbl bawa 2 krucil yg ga sabaran nunggu.triak2 mulu pngn pulang( tepok jidat).jd wktu d toko nanya ada garansi,buku manual mrka blg iya.trs deal deh.msn jahitnya lgsg ditempeli stiker buat garansinya bgtu transaksi slsei.smpt diajari juga pke msn jahit ini.kalo di toko ini kita baru bisa nyoba msn jahit kl sudah dbayar mbak,jadi ga bisa tuh misalnya pngn bandingin dulu sama tipe msn jahit lain..aku coba download manual machine dari web janome yang meski ga sama tipenya tapi lumayan membantu untuk coba2 belajar masukin benang,winding bobbin,sama liat d you tube. Karena protes ke tokonya jg gda respon positif,jadi ya sdhlah…manfaatin aja msn jahit sebisanya dulu.
    Btw,boleh ya kl tar bnyk nanya2 ttg jahit mjahit ini ke mbak octa?
    Smoga ga bosen tar yaa…:)

    • OctaNH says:

      Saya juga belajar njait pas udah punya mesin jait ini, Mbak Lely. :D Duluuu … banget, ibu saya punya mesin jahit item yang merek Butterfly, tapi saya sama sekali gak ada keinginan buat belajar. Hahahaa…. Pas udah nikah, udah punya anak, dan punya waktu luang banyak, baru deh kepikiran buat belajar njait. :D

  9. wiew says:

    mba,,sy punya janome indigo 18. baru beli sebulan lalu :D
    dpt minyak juga..cm itu cara pakein minyaknya gimana ya? sy ga ngerti perawatannya. dipakein dimana? brp bulan sekali? brp banyak? cara pakenya gmn?
    mohon bantuannya ya mba..hihihi..
    makasi sebelumnya

    • OctaNH says:

      Halo Mbak Wiew. :D

      Dipakein di mesinnya, Mbak Wiew. Kalo kita buka tutup mesin yang di atas jarum jahitnya, kan ada sambungan-sambungan besinya, ditetesin ke situ. Di bagian bawah kalo mesin jahitnya dijungkir-balikin, juga ada. Pokoknya kalo nemu sambungan besi yang saling bergesek, bisa dikasih minyak biar gesekan jadi halus dan gak aus. Tapi jangan banyak-banyak juga netesinnya ntar malah meleleh ke mana-mana itu minyaknya. Jangan lupa, dibersihin dulu sebelum diminyakin. Kadang suka banyak debu, sisa potongan benang, dll nyelip di mesinnya. :D Ngeminyakinnya bisa seminggu sekali sambil dibersihin kalo mesinnya sering dipake. :D

  10. fitri says:

    MBA DI TEMPAT SAYA GA YANG JUAL MESIN JAHIT JANOME NS7210. MBA MAU GA JUAL PUNYA MBA BUAT SAYA NANTI MBA BELI LAGI KALO MAU BERAPA INI NOPE SAYA 085249192799.TQ

    • Rijal gozali says:

      Kalo ada yang minat,saya jual janome L395 F kondisi baru,,sfesifikasi dan fitur lebih bagus,body besi,kelengkapan lengkap,harga 2300000…yang minat silakan di order,buku petunjuk lengkap,,atau satu lagi ni singer heavy duty 4423 sudah lebih canggih dan sistem lubnng kancing sudah satu langkah harga 3,2 juta

  11. ameeraa says:

    mbak, kalo buat njait jins, sifon bisa ga?
    bisa buat obras dan wolsum ga? :D
    bisa bordir juga ga ya
    ada referensi mesin jahit yang bisa untuk jait,obras,wolsum,bordir bagus nya tipe apa

    • linn says:

      ada mbak ameera..saya beli tipe janome LR 1122.. 2jt an .. pola 24, dinamo besar, memang bisa sum, neci, tp semi g kayak mesin khusus buat neci, namun bt sy yg suka bordir asyik jga.. sambil belajar

  12. ipu says:

    dear mba octa, salam kenal
    mba kalau mesin jahit ns 7210 atau jenis2 lr1122 gitu bisa ditaro di meja biasa ga sih? atau harus di meja yg berlubang itu?
    makasih ya mba…
    :cutesmile:

  13. nice info mbak. kebetulan saya juga sedang ingin belajar jahit. setelah baca artikel ini, jadi yakin buat boyong janome ns 7210. hehehee..

    by: cuci springbed bekasi

  14. norma inoy says:

    Salam kenal mbak,
    Saya beli Janome ns 7210 awal bulan ini. Krn saya tdk bisa dan belum pernah pake mesin jahit, saya pegang pegang doang :hohoho:
    Belum sempat eksekusi buat latihan pake mesin jahit. belum pede :T.T:
    Tolong buat tutorial utk yg awam pake MJ kaya saya mbak.
    Makasih…
    Smoga nih MJ tahan banting buat nemenin saya belajar :lol:

    • OctaNH says:

      Salam kenal, Mbak Norma. Saya baru aja pindahan rumah, Mbak Norma. Jadi kayaknya belom sempet bikin-bikin tutorial menjahit lagi. Tapi saya usahakan, kalo hidup saya udah mulai teratur lagi, saya bikin tutorial lagi. :D

  15. Murni Ningsih says:

    Mbak…aku pingin beli mesin jahit yang buat wolsum/neci buat jahit pinggir kerudung…ni kucari2, aku baru menemukan yg semi neci…kira2 merk apa ya mbak yang bagus buat wolsum/neci?
    Thanks

    • OctaNH says:

      Aku juga kurang tahu, Mbak Murni. Tapi aku pernah ke tukang jahit dan kayaknya mereka punya mesin khusus untuk neci itu, ya?

    • imelada says:

      Mlm mbak slm kenal…
      saya juga pakek janome model LR1122 bagus bisa buat jahit lubang kancing dan semi bordir poko’y gak rugi beli mesin janome dulh saya beli 2jt sekarang 2,5jt… :hohoho:

    • gre says:

      Dear Mbak Murni,

      Kalau khusus untuk neci, saya sarankan pakai mesin jahit obras benang 3. Merk Siruba ada yang khusus untuk proses neci.

      Boleh minta alamat email Mbak Murni untuk diskusi lebih lanjut?

      Tks.

  16. maya says:

    He..he..he.., saya juga punya janome ini. Mesin ini cukup kuat walau tidak sekuat janome model lama yang full besi luar dalam. Sudah setaun NS7210 ini Saya hajar utk bordir dari pagi sampe sore tiap hari non stop. Tiap malam saya mesti pake vacuum cleaner utk bersihin dari sisa benang + pake penyemprot oli spray untuk menjangkau area yg sempit. Kemarin sempat roda gigi bawah patah tapi untungnya bengkel mesin jahit yg ada di daerah pasar turi sby bisa ngrepairnya

    • OctaNH says:

      Nah, itu Mbak Maya. Saya bingung bersihin bagian dalemnya pake apa. Bisa pake vacuum cleaner, ya? Udah lama saya gak pegang ini mesin jahit. Hiks. Pengen jahit lagi, jadinya…. :mewek:

  17. niken yuanita larasati says:

    Saya sbnrnya sdh punya mesin jahit singer portable jadul yg pakai dinamo. Tp tdk bisa jahit maju mundur utk mengunci jahitan. Hanya bs jahit maju saja *maklum jadul punya*. Jadi setiap mulai jahit..kainnya saya putar. Trus putar lagi utk melanjutkan jahitan. Begitu juga ketika sampai di akhir.menurut sy agak ribet dan kurang praktis.pdhl sy udh cinta bgt sm mesin jahit itu.Dan Akhirnya sy berniat beli MJ*mesin jahit* dgn kriteria sbg berikut:
    1. Alas MJ yg di bawah sepatu hrslah lurus+datar agar memudahkan menjahit. Zaman skrg MJ portable tuh alasnya pada melengkung gitu. Katanya sih memudahkan dalam menjahit lengan.tp menurut sy ga nyaman bgt klo alasnya melengkung gitu. Bisa2 jahitan sy ga lurus dan rapi.
    2. Hrs ada mejanya yg memang utk MJ tersebut. semakin luas alasnya.. km jd semakin nyaman. Bayangkan km mw jahit selimut. Tp selimut itu ngegantung pas lg jahit krn alasnya melengkung
    3. Bs maju mundur *pastinya
    4. Sparepart mudah
    5. Ada lampu *biar jelas
    6. Bisa isi bobbin
    7. Material dari besi *biar awet
    8. Nah bener bgt yg mba octa bilang.. setelah bertahun2 sy pakai mesin jahit. Sy tdk membutuhkan byk pola jahit.Sy cuma pakai jahit lurus dan zigzag aja. Semi obras dan semi neci *beli sepatu khusus utk MJ jadul saya.

    Setelah sy searching2 di internet..akhirnya pilihan hati saya ada di MJ janome NS 7210. Alhamdulillah..

    • OctaNH says:

      Halo, Mbak Niken. :cutesmile: Kalo saya punya uang lebih, mungkin waktu itu saya belinya yang SUV-1122. Tapi kata Bapak Penjual mesin Jahit-nya, kalo untuk pemakaian biasa aja, bukan buat butik atau emang penjahit profesional, mesin jahit ini udah cukup bagus. Jadinya, saya beli ini deh.

      Salam kenal. :D

  18. kristine says:

    Hai mbak..salam kenal. Saya juga baru ingin kenal sama dunia jahit menjahit. klo mesin jahit yang bandel tapi murah apa ya mbak? Bagaimana klo butterfly JH8530? apakah recomended.
    Klo Tuhan ijinkan, pengen belajar dan nantinya dikembangkan ke bisnis…ciye…berlebihan ya..

    thanks before mbak

    • OctaNH says:

      Saya belom pernah liat Butterfly yang model itu, Mbak Kristine. Tapi hasil ngobrol-ngobrol sama Bapak yang jual mesin jahit ini, beliau juga bilang kalo Butterfly termasuk merek yang rekomended karena bandel dan awet. :cutesmile:

  19. firadhani says:

    aku jd pengen beli mesin jahit juga, gara2 terinspirasi *halah* sama posting mb Octa ttg jaitin baju buat Isha n Inda, jd pengen jaitin baju buat babyboy juga…
    tapi tapi tapi, pas udah ada waktu buat beli malah jadi galau mau beli apa ga, huks
    takutnya cuma emosi sesaat aja, beli, semangat sebentar trus dianggurin..
    tolong beri aku semangat mbak..huhuhu :T.T:

    • OctaNH says:

      Beneran mau belajar, ndak? :D Mesin jahitku juga nganggur ini udah 3-4 bulan karena aku sibuk ama yang lain. Hiks. Jadi gimana dong, ini mau ngasih saran? Kalo emosi sesaat doang dan pengen-pengen doang, nanti gak kepake nyesel lhooo~ :D

  20. didu's mom says:

    Mbak antara jarome 1122 dan 7210 bagus mana untuk pemula?sy br mau belajar jahit

    • OctaNH says:

      Saya belom pernah liat dan nyoba make yang Janome 1122, Mbak Didu. Jadi gak bisa ngebandingin juga. Tapi yang 7210 ini, cukup bagus juga untuk pemula–selain karena harganya cukup murah. :D

  21. imelada says:

    Slm kenal semua’y..
    saya udh 2th pakek mesin jahit janome 1122 bagus kok..
    pertama kali beli saya udh dpt oderan baju muslim padahal niat’y gak usaha cuma menyalurkan hobi jahit aja, eeeh malah keterusan, kalau menurut saya bagus janome 1122 udh ada sepatu lobang kancing,yg gak ada spatu untuk sleting jepang tp sama dgn spatu mesin jahit hitam
    :music:

  22. Infostore says:

    Nice artikelnya, LENGKAP..

    mampir gan di http://www.infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis. :cutesmile:

    • anita herawati says:

      salam kenal semua asyik baca koment2 nya jd tambahan info buat saya. saya dari Pangkalan Bun- Kalimantan Tengah saya juga pengen beli mesin jahit (jadul waktu gadis pernah kursus dan sempat buat baju sendiri yg sederhana). saya pengen beli mesin janome LR1122,,,mohon info mb’ bener gak ya di bagian dalam mesin jahit tsb selain besi ada yg pake bahan plastik. Pernah saya tanya ke penjual via telpon ad bbrp yg pake bahan plastik.karena saya jauh jd gak bisa melihat secara langsung. mohon infonya supaya saya tidak ragu buat beli. trim’s

      • OctaNH says:

        Sepertinya sekarang-sekarang ini, emang ada bagian dalam mesin jahit yang pake plastik. Saya gak tau pastinya yang tipe-tipe mana aja.

  23. Makasih masukannya mba

  24. gre says:

    sampai lupa, salam kenal buat Mbak Octanya. Happy sewing… :)

  25. Suci Khairina S says:

    Saya belajar menjahit dulu waktu kelas 1 SD,,yg dijahit kain perca. Jaitnya luruuuuus aja. Mlh pernah sangking semangatnya telunjuk saya ikut kejahit :die: ,,hahaha. Tapi emang dimasa2 gold age itulah saya belajar menjahit yang sesungguhnya. Tanpa paksaan, tanpa beban,,karena saya suka dan ibu saya jg gak ngelarang walopun telunjuk saya udah diperban2. Saya g pernah kursus menjahit,,bisa menjahit cuma dengan begitu aja,,sering..sering..dan sering..jadinya kita gak kaku. Klo udah stabil,,cb manfaatin kain atw bju2 bekas. Kreasikn aj sndiri mo dibuat apa. Lama kelamaan InsyaAllah pasti menjahit itu jadi mudah. Saya sekarang make mesin jahit singer yang manual,,murah aja. Klo mau pake listrik tinggal bli mesin dinamo skligus sm pedalnya. Klo listrik matipun,,kita msih tetap bs mnjhit dengan mendayung. Hehehe. Saran saya beli yang simple2 aja dulu,,

    • Octaviani Nurhasanah says:

      Itu berarti telunjuknya kejahit ke kain, gitu? :mewek:

      Saya udah lama gak pegang mesin jahit lagi, Mbak Suci. Udah kangeeen, banget. Tapi belumada luang waktu untuk jahit-menjahit lagi. Blog ini pun udah lama gak update. Hiks.

  26. Cakep mba, kalo lg sempet tetep keep sewing mba ^^
    Di Sinar Toko Tiga mesin jahit
    Jg menyediakan berbagai macam merk mesin jahit portable , terlengkap dan berkualitas
    Seberang Alfamart , jalan toko tiga nomer 45, daerah asemka glodok kota
    Jakarta barat 11220
    WA 0812 198 12342
    Line Sinartokotiga.com
    081919190124 / 08998126043
    Yuuk konsultasikan kebutuhan mesin jahit anda pada tenaga ahli kami yg berpengalaman dalam dunia jahit menjahit selama puluhan tahun
    Pin bb 28C1A4EF
    021-6914408
    http://Www.sinartokotiga.com
    Thankyou sew much ^^

  27. kalo sm janome 2200XT bagusan mana mbak..?

  28. Nurul Ekha says:

    Toko Alam di Jln Laiya, oke fix, akhir bulan ini bakal coba nyari-nyari disana :D Semoga nemu yang cocok. Saya baru mau belajar jahit sih hehe soalnya kadang bingung mau pake apa klo ngampus, kalau keluar shopping juga kadang bingung mau milih yang mana, asli susah disuruh belanja, gak kayak cewek pada umumnya :oops:
    By the way salam kenal Kak Okta! Keep sewing keep blogging karena saya udah masuk list bookmark :cutesmile:

    • Octaviani Nurhasanah says:

      Saya belom jahit-jahit lagi, Mbak Nurul. Padahal kepengen. Hiks. Tapi nanti kalo saya mulai jahit-jahit lagi, insya Allah saya ceritain lagi di sini. :cutesmile:

  29. mai says:

    mb itu bisa gak walau gak pakek meja khusus mesin jahit? aq pengen beli tapi takut harus pakek meja khusus

    • Octaviani Nurhasanah says:

      Gak, Mbak Mai. Dia mesin jahitnya aja. Jadi bisa dipindah-pindah. Mejanya bisa pake meja apa aja. Di meja makan juga bisa. :cutesmile:

  30. ma says:

    makasih mb infonya, mb boleh berbagi gak cara memulai awal menjahitnya maksudnya masukin benangnya atau bisa kirim ke email msuhestini@gmail.com,…maaf mb tanya2..aku masih awam :twisted:

  31. Anthy says:

    Halo mba salam kenal ,mba tinggal dimakassar yah ??
    Oiya mba mau nanya dong saya punya mesin jahit yg setype sama mba (baru beli) heheh,waktu ditokonya di kasi liat cara masang benang ke jarumnya kan ada alat otomatisnya tpi kok sape rumah lupaa,,, huaaaaaa boleh diajarin gag mba :) maksih maap mrepotkan

    • Hai amazing blogspot kak okta
      maaf kak okta saya boleh bantu jawab ya…
      kak @anthy Untuk pemasang benang otomatis ke jarum turunkan tiang / alat bantu pemasang benang otomatis yang di sebelah kiri sampai mentok ke bawah kemudian selipkan benang di alat tsb kemudian benang ditarik lurus sejajar ke kanan dan selipkan di antara jarum, kemudian lepas pelan2 alat otomatis nya ^^
      #posisi jarum harus paling atas saat menggunakan otomatis pemasang benang ya kak, semoga membantu ^^

      kak @mai terdapat pengaturan tekanan benang dari angka 0 – 9
      posisikan angka normal di 4 kak
      apabila angka makin besar , tegangan benang semakin kencang
      apabila tekanan angka semakin kecil , makan benang semakin kendur
      semoga membantu ^^

      salam kenal : :oops:

      Dewi – Sinartokotigamesinjahit
      instagram @sinartokotigamesinjahit
      Whatsapp 081219812342
      Bbm 5F7197BE
      sms / call 081919190124
      021-6914408
      Mesin Jahit Terlengkap dan termurah
      Sinar Toko Tiga Mesin Jahit Asemka
      depan Alfamart , Jalan toko tiga noor 45 daerah asemka gldodok stasiun kota , jakarta barat 11220

  32. Mai says:

    Mb aq mau tanya aq udh beli mesin jahit janome kyk punya mbaknya udh bisa buat jahit ech lama2 kok benang bawahnya kendor ya, itu benerinnya gmn?help me?

  33. Ni Alwi says:

    mb mau nanya, apa mesinnya masih normal pemakaiannya sampe skarang ya ?

  34. kok ndak di pasang adsense ya ni website nya.. besar lo potensi penghasilan nya :twisted:

  35. EDISAR says:

    Ass. Wr. Wb.
    Salam kenal Mba Octa.
    Saya mau tanya boleh kan….?? Saya beli mesin Janome dah lama ga dipake, pas mau di pake lagi kecepatannya lambat sekali kaya kereta KRD..hehe. :lol:
    Kira2 apanya ya supaya mesinnya bisa lari kencang…
    Terima kasih.

    Salam,
    edisar 8)

  36. Afrida says:

    Ass.wr.wb…
    Salam kenal mba octa dan bu ibu semua…
    Sy lg pengen belajar jahit menjahit drpd bengong, mayan bs jahit baju yg sobek, bikin printilan2 gt….pengennya sih :lol:
    Tp lom bs ngejahit…asli belum pernah ngejahit pke mesin…biasanya cuman pke tangan, setelah bc komen bu ibu disini makin semangat buat beli mesin jahit kayak punya mba octa ini aj dah cukup kayaknya….
    Masalahnya sy baru pindah rumah, skrg tinggal d cimahi…kebingungan belinya dimana yaa ??? :?:
    Wassalam…..

  37. Sri wahyuningsih says:

    Mbak saya punya mesin jahit janome ns7210 punya ibu saya nganggur dirumah buku petunjuk nya sampe udah hilang. Mbak gimana ya cara masang benangnya ?

  38. sonny says:

    mba….mesin jahitnya sampe skrng msh bagus?
    minta infonya dong mba…..thanks

  39. Siti Mariana says:

    Selamat malam mbak Octa

    Saya baru saja membeli mesin jahit Janome NS 7388
    karena saya pemula menggunakan mesin jahit jenis itu,,maka saya ingin memiliki buku petunjuk yang bahasa indonesia.
    Apakah mbak Octa bisa membantu saya bagaimana saya bisa mendapatkan buku petunjuk tersebut? Terimakasih

  40. Rara jie says:

    Mbak okta, bs info t4 service mesin jahit d makassar d mana ya?soalnya mesin jahit saya kya punya mbak okta gak bs berputar….dan sy bingung cara memperbaikinya gimana ya?

  41. risna says:

    bismillah
    Mba mau nanya.
    Janome tahan nggak untuk produksi banyak?

  42. jony says:

    salam kenal..
    Saya ada janome 7220 baru mao jual Rp 2.000.000
    Minat hub 081578777795
    MEDAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:twisted: :tuing: :tada: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :blush: :T.T: :D :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

logo
logo
Powered by WordPress | Developed by Tuan Sinung
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: