logo

Model Jahitan di Janome NS-7210

22,408 views

logo

IMG_4754edit

Halooo … Manteman. :D

Sekarang saya mau ngebahas tentang model jahitan yang ada di mesin jahit Janome NS-7210. Model jahitan ini biasanya menjadi pertimbangan yang banyak bikin bingung dan galau pas mau beli mesin jahit. Semakin banyak model jahitan yang ditawarkan, semakin mahal harganya. Padahal, kalo hanya untuk jahitan biasa, misalnya Manteman pengen belajar menjahit baju aja gitu, model jahitan yang macem-macem itu gak bakalan banyak kepake juga. Soalnya yang terpenting di urusan jahit-menjahit tetaplah model jahitan lurus. Model jahitan lain fungsinya dekoratif aja.

Foto di bawah ini adalah tombol putaran untuk mengatur jarak antar tusukan. Semakin kecil angkanya, semakin rapat jaraknya.

IMG_4752edit

Misalnya aja untuk jahitan zigzag. Seperti Manteman bisa lihat di foto di bawah ini, saya mengambil jahitannya (berurutan dari atas ke bawah) dari jarak 1/2, 1, 2, 3, dan 4.

IMG_4759edit

Jadi pengaturan untuk jarak jahitan ini juga penting karena dari satu model jahitan aja (misalnya zigzag) hasilnya bisa beda.

Yang berikutnya saya kasih contoh jahitan yang kalau menggunakan jarak jahitan rapat (saya pakenya 1/2) kelihatannya kayak zigzag. Tapi, kalau jaraknya diperbesar, jadinya malah kayak gelombang gitu:

IMG_4757edit

Untuk jahitan di foto pertama, saya pakai yang model A. Sedangkan untuk yang foto kedua saya pakai yang model B. Sekilas di keterangan di mesin jahitnya, kelihatannya hampir sama ya? Seperti yang manteman bisa lihat di foto di bawah ini:

IMG_4749edit

Foto di atas itu juga ada untuk jahitan lubang kancing tapi saya lupa bikin, euy. Yang ditandai pake angka 1-4. Berikutnya aja ya. :D

IMG_4747edit

Model jahitan A, B, dan C yang berwarna biru seperti gambar di atas, jadinya kayak gini kalau menggunakan jarak yang rapat:

IMG_4763edit

Untuk model jahitan dengan huruf berwarna biru itu, untuk jarak jahitannya juga pakai yang warna biru. Bukan yang ditandai dengan angka 1-4, tapi dengan S.S dan X, seperti yang kelihatan di foto ini:

IMG_4752edit

(Foto ini udah ada sih di atas sebenernya…. Ditampilin lagi biar jelas.)

Yang paling saya suka itu: mencoba model jahitan dengan jarak yang rapeeeet banget. Jadinya mirip bordir dan bisa untuk funsi dekoratif hiasan tepi kain atau baju.

IMG_4766edit

Kalau mesin jahit yang punya model jahitan banyaaak, kombinasi jahitan (antara kerapatan dan model) tentu bisa lebih banyak lagi. Tapi, Manteman juga perlu pertimbangkan kalo mesin jahit yang suka ganti-ganti model jahitan ketika menjahit itu lebih mudah rusak (menurut cerita beberapa teman). Dan model jahitan ini pun banyakan gak kepake. Palingan yang paling sering dipake itu jahitan lurus dan zigzag untuk pengganti obras (semi-obras).

IMG_4762edit

Semua model jahitan yang ada di mesin jahit saya.

Segitu dulu ya, Manteman. Semoga membantu. :cutesmile:

7 Responses to “Model Jahitan di Janome NS-7210”

  1. niki says:

    misi kak, mau nanya nih kalo mesin jahit tipe ini bisa buat neci bahan sifon ga ya?

  2. Widya says:

    Mbak ,, kalo mau jahit feston gimana yah ??
    Baru beli mj baru ,,, masih bingung untuk festonnya .. saya beli mj janome tipe ns7210 juga karena baca blog mbak .. hehehehe

  3. ummu ivy says:

    Salam kenal mbak.. sy juga pake mesin jahit janome ns 7210. Mau tanya supaya hasilnya sama kaya di kain warna biru yang urutan kesatu sama ketiga itu settinganya apa ya? Masih baru belajar jahit niih.. mohon bantuannya yaa..makaasiii

  4. Afi says:

    Sm nih baca blog ini aku juga jd milih janome ns 7210. Hehe. Btw mau nanya klo lampunya itu g bisa d matiin ya? Aku cari” tombol on/off nya g ada soalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:twisted: :tuing: :tada: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :blush: :T.T: :D :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

logo
logo
Powered by WordPress | Developed by Tuan Sinung
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: