logo

Cara Menggulung Benang untuk Bobbin

51,355 views

logo

IMG_4660edit

Bobbin model plastik gini lucu juga ya…. 

Menggulung benang untuk bobbin ini adalah masalah pertama saya ketika mau belajar menjahit. Pas saya membaca buku manual mesin jahitnya, memang ada caranya. Tapi … gambarnya gak jelas. Jadi malah bikin puyeng. Trus saya nyari videonya di Youtube dan ketemu beberapa. Baru deh keliatan jelas caranya. Sebelumnya saya sempet loh menggulung benangnya manual gitu pake tangan. Hahahaaa…. Tapi hasilnya emang gak padet dan itu ngebikin benangnya nyangkut-nyangkut juga pas menjahit. Jadi jangan pernah nyoba menggulung manual ya, Manteman. :D Percumaaa….

Yang perlu disiapkan adalah:

IMG_4669edit

Bobbin, benang, dan gunting.

IMG_4672edit

Di bagian atas sebelah kanan, ada sebuah kait untuk memasukkan benang dan sebuah besi panjang yang gunanya untuk meletakkan bobbin ketika menggulung benang. Penampakannya seperti gambar di atas.

IMG_4673edit

Masukkan benang ke kait besi.

IMG_4675edit

Lalu tarik benang ke arah kiri dan selipkan di bulatan besi seperti gambar di atas. Bulatan ini bakalan membuat benang menjadi tegang. Ini yang membuat benangnya ketika digulung jadi padat dan rapi.

IMG_4679edit

Kalau diliat, benangnya jadi seperti gambar di atas.

IMG_4683edit

Putar balik benang dan masukkan bobbin ke besi. Masukkan benang dari arah dalam ke luar lubang yang ada di bobbin. Kalau pakai bobbin besi yang model lama, lubangnya ini banyaaak. Kalo di bobbin plastik ini cuma ada dua.

IMG_4685edit

Lalu geser besi ke arah kiri. Manteman lihat kan bagian putih bulat yang terbuat dari plastik di sebelah kiri? Itu adalah penahan benang dan bobbin ketika benang digulung. Kalau benangnya sudah penuh, bagian putih itu akan menahan bobbinnya jadi gak bisa muter lagi. 

IMG_4688edit

Injak pedal dan bobbin pun mulai berputar. Untuk beberapa putaran pertama, biasanya saya masih memegang ujung benang yang keluat dari bobbin agar gak lepas. Tapi ketika bobbinnya udah mulai terisi, ujung benangnya udah bisa dilepas karena udah ada bagian dalam gulungan benang yang menahan.

IMG_4690edit

Injak pedal sampai bobbinnya berhenti dan penuh seperti gambar di atas. Sebenernya ini juga sesuai kebutuhan sih. Kalo gak sampe penuh juga gak apa-apa. 

IMG_4692edit

Potong sisa benang di bagian atas bobbin dan bobbin pun siap digunakan.

IMG_4699edit

Masukkan ke sekoci dan keluarkan sedikit ujung benangnya.

IMG_4700edit

Masukkan sekoci ke bagian bawah.

IMG_4702edit

Untuk cara bagaimana memasukkan benang ke mesin jahit, saya kayaknya gak bisa bikin tutorialnya karena saya gak tau apa tiap mesin jahit caranya sama. Dan terus terang, cara yang diperlihatkan di buku manual ketika membeli mesin jahit itu lebih jelas. Sewaktu Manteman ada di toko mesin jahit, juga bisa minta diajarkan sama penjualnya. Jadi saya cuma bisa nyeritain ini aja de. :cutesmile:

Selamat menjahit, Mantemaaaan….

Saya juga udah kangen pengen jahit-jahit lagi, nih. :cutesmile:

11 Responses to “Cara Menggulung Benang untuk Bobbin”

  1. Kiky says:

    Halooo…salam kenal yaaa :D
    Aku newbie nih di dunia jahit menjahiit! :D

    Ketemu blog ini dari googling tentang menjahit sendiri dress anak :D

    Keep writing ya mbaak, aku mau nyonteek! Hihi :D

    Thanks for sharing :D

  2. astin says:

    8) good job…someday pgn spt mb jg bikin blog…hobi macem2 slh satunya kusutin benang he8X

  3. dwirespati says:

    Hai mbak octa… salam kenal ya…. :twisted:
    Aku jg pake janome, tapi yg tipe 808A dg bobin atas. Emangnya bobin besi bisa dipakai di mesin portable, mbak? Baru tau lho…. soalnya bobin besiku ada banyak, karena sebelum pakai janome ini aku pakai singer yg warna hitam itu…. :hohoho:

    • OctaNH says:

      Asal ukurannya sama, bisa dipake deh kayaknya Mbak Dwi. Saya beli bobbin besi soalnya yang plastik itu kurang. Cuma dikasih enam biji dari mesin jahitnya. :D

  4. fitri says:

    mba,,permisi mau nanya
    kemarin saya baru beli mesin jahit mini portable, trus pas dcoba pertama, masih lancar. pas saya ganti benang atas sama sekoci, trus saya coba jahit tiba” benang atas dengan sekoci tidak saling mengait, jadi benang atas nya tuh engga nempel ke kain. kira-kira kenapa ya mba?
    saya udah masang sesuai instruksi yg d buku tp amsih blum bisa.
    makasi mba atas bantuannya.

  5. ani says:

    Salam kenal.mba Octa …kalo sekoci besi jamn dulu.bisa dipake di meson.portable.juga kan mba …. Sama kalo pasang bening atas itu bagaimana caranya mba … Bisa ga mba di write gitu .. Heheh … Thanks yaaaa

  6. Nice artikel mba. dasar2 seperti ini wajib di ketahui sebelum memulai menjahit. kalau dasarnya aja udah salah ya pasti jahitnya berantakan. hehe

    Mesin Jahit SINGER

  7. dhya syarief says:

    Mau nanya.kenapa mesinq anda bisa terputar sejak benang bawah kandas

  8. Asih says:

    Selamat malam mba Octa..
    Saya newbie di dunia menjahit..saya juga beli janome 7210 untuk belajar.
    Saya terkendala di pemasangan benang jahit di mesinnya.. Jujur klo menurut saya,dibuku itu sangat kurang jelas gambar dan keterangannya..mungkin karena saya masih awam kali yaa..hehe.
    Minta tolong bgt dong mba..bikin tutorial gimana masang benang janome ns 7210 step by step seperti tutorial mengisi benang di bobbin. Saya juga udah ngubek2 youtube..tapi ngga nemu jugaaa..hiks. (atau kalo mba Octa punya link youtube,share dong ke saya..hehe).
    Please ya mba Octa..bikin tutornya.. Lebih senang lagi kalau tutorialnya langsung ke email saya..hehe..ngarep :p
    Please….
    Thank you :)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mba Dress Code Pictures - Fashion Dress Keren - […] Cara Menggulung Benang untuk Bobbin | Delicious Craft – mba,,permisi mau nanya kemarin saya baru beli mesin jahit mini…
  2. Mbs Dress Code - Fashion Dress Keren - […] Cara Menggulung Benang untuk Bobbin | Delicious Craft – Di bagian atas sebelah kanan, ada sebuah kait untuk memasukkan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:twisted: :tuing: :tada: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :blush: :T.T: :D :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

logo
logo
Powered by WordPress | Developed by Tuan Sinung
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: