logo

Cerita tentang Buku Jahit Warisan

10,941 views

logo

IMG_4451edit

Haloooo…. :D

Kemaren-kemaren sempet ada yang nanya buku jahit apa yang saya punya. Jawabannya: gak ada. *plak* :(

Saya beli-beli buku biasanya beli novel doang. :D Kalo buat nyari inspirasi craft atau tutorial, saya biasanya liat di internet aja. Beberapa blog juga ngasih step by step menjahit yang gampang diikutin. Jadi saya nyontek dari situ aja. Tempo hari saya juga pengen beli buku menjahit Jepang gitu. Tapi tabungan saya belom cukup euy. Ini lagi berusaha buat lebih hemat biar kebeli bukunya. :D

Satu-satunya buku menjahit yang saya punya adalah buku warisan dari Mama saya. Buku ini isinya catatan pelajaran menjahit waktu beliau ikut kursus sekitar tahun 80-an. Jadi umur bukunya udah 30 tahunan ya. Saya pengen banget ikut kursus menjahit tapi sayangnya, kursus menjahit yang ada di sini (dan gratis karena diadakan oleh Pemda), pesertanya harus penduduk lokal. Saya gak bisa masuk karena saya pendatang. Hiks. Selain kursus menjahit yang dari Pemda itu, saya belom nemu lagi tempat kursus menjahit yang lain.

Di bagian depan buku jahit ini, ada gambar model dari tahun 80-an. :D

IMG_4452edit

Entah artis siapakah ini. Ada yang tahu?

Bukunya udah lapuk dan tulisannya banyak yang gak jelas. Tapi saya suka ngeliatnya karena lebih mudah saya pahami.

IMG_4454edit

Nah menariknya, beberapa pola yang ada dibuku ini, dibuat versi jadinya dari kertas. Misalnya di bawah ini ada pola kerah. Di sampingnya, ada bentuk kerah yang udah jadi dengan menggunakan pola itu. Jadi saya bisa ngebayanginnya.

IMG_4455edit

Rajin amat yak Mama saya bikin polanya pake kalkir begitu. Emang lebih memudahkan sih. Misalnya di pola lengan baju ini:

IMG_4458edit

Atau pola rok rempel yang dibuat bentuk jadinya:

IMG_4459edit

Tapi ada juga beberapa yang hanya berupa gampar ciplakan doang. *penonton kecewa* Padahal saya ngarepin semua polanya dibuat bentuk jadinya gitu….

IMG_4460edit

Itu dia cerita tentang buku jahit yang saya punya, Manteman. Belakangan, saya juga beli ebook (yang harganya lebih murah dibanding buku biasa), tapi pake bahasa Inggris dan isinya tentang cara membuat pola. Gak ada pola jadinya. Tapi saya masih belom bisa bikin pola yang diajarkan di sana karena saya belom bisa ngukur dengan baik dan benar. Plus anak-anak kalo lagi diukur susah diemnya.

Kalo untuk menjahit baju anak atau baju yang sederhana aja, saya kira pola masih belom terlalu penting ya. Tapi kalo untuk belajar menjahit yang lebih advance, saya kira penting untuk belajar membuat pola sendiri.

Segitu dulu, Manteman…. Saya belom sempet jahit lagi karena lagi rempong ini. :D

9 Responses to “Cerita tentang Buku Jahit Warisan”

  1. aisyahalwi says:

    hebat banget semangatnya ….

  2. baby says:

    Lebih semangat lg mba utk menjahit spy jadi inspirasi utk yg lain termasuk sy

  3. IKA says:

    Huaaa.. jadi ingat jaman SD dulu ibuku les menjahit juga begini buku polanya mbak :) hebat ya emak2 kita hehehe

    • OctaNH says:

      Iyaaaaa…. Saya juga ngerasa buku kayak gini banyak membantu pas saya berusaha memahami pola. Lebih enak diliat juga polanya. :D

  4. semangat sis, bisa jadi ladang uang lo kalo kita serius. :music:

  5. widya says:

    Mbak, terima kasih up date blog nya bagus – bagus mulai dari bunga sampai baju. semoga mesin jahit saya kelak akan kepakai juga. Sekarang lebih suka ndondomi ( jahit pakai tangan hehehe ) kalau pakai mesin jahit ngak lurus bikin emosi heheh.

  6. dewi says:

    jadi kepengen bikin buku warisan juga, biar ntar bisa dipakek anak cucu juga ckckkckcckkc :lol: :lol:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:twisted: :tuing: :tada: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :blush: :T.T: :D :?: :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

logo
logo
Powered by WordPress | Developed by Tuan Sinung
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: